Cara Kirim Barang di Jasa Ekspor

Bagi Anda yang ingin meluaskan pasar hingga ke luar negeri tentu harus mengetahui bagaimana cara memesan di jasa eksport. Tentu akan banyak perusahaan baik kecil maupun besar berkeinginan memperbesar jaringannya sekalipun berada jauh dari Indonesia. Berikut langkah-langkahnya:

Syarat Menjadi Eksportir

Alangkah lebih baik jika Anda mengetahui apa saja yang seharusnya dipenuhi oleh seorang penjual untuk melakukan eksport. Ada beberapa syarat dokumen harus dipenuhi seperti NPWP, surat izin usaha berupa SIUP dari Dinas Perdagangan atau Surat Izin oleh Dinas Perindustrian.

Jasa kirim barang ke luar negeri wajib memberikan laporan realisasi ekspor pada Dinas Perindag yang ditunjuk oleh Bank Devisa dengan melampirkan surat pernyataan. Dokumen ini berisikan tidak ada tunggakan pajak, perbankan atau memiliki masalah kepabeanan.

Kini beberapa jasa eksport telah memberikan layanan kepada para pelanggan jika belum memenuhi salah satu dari persyaratan di atas. Ana bisa mengajak bermitra untuk menangani prosedur pengiriman barang ke luar negeri.

Cara Kirim Barang di Jasa Ekspor

Ada beberapa langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan pada saat memesan di jasa eksport bukan hanya memenuhi persyaratan di atas saja. Umumnya setiap penyedia layanan pengiriman barang ke luar negeri pasti memudahkan setiap pelanggannya.

  1. Memenuhi Persyaratan Dokumen

Anda harus memastikan bahwa persyaratan dokumen sebagai pihak eskportir sudah dipenuhi secara lengkap. Syarat-syarat ini telah disebutkan di ulasan sebelumnya berupa NPWP, surat izin berdirinya perdagangan dari Dinas Perdagangan dan Dinas Perindustrian serta kepemilikan lisensi eksport.

Bagi Anda yang masih belum memiliki lisensi eksport ini bisa meminjam kepada penyedia jasa ekspedisi lantaran beberapa dari mereka akan menyediakan peminjaman. Menariknya pihak ini dapat meminjamkan untuk segala jenis komoditi termasuk lartas atau mempunyai larangan pembatasan.

  1. Menentukan Layanan Administrasi Pengiriman

Anda perlu menentukan layanan pengiriman apa yang dibutuhkan untuk mengirim produk tersebut ke luar negeri. Umumnya penyedia jasa eksport ini menyediakan pengantaran barang menggunakan via udara ataupun laut sehingga pelanggan dapat menyesuaikannya berdasar keamanan.

Penyedia jasa eksport ini menyediakan layanan administrasi pengiriman dan juga pengeluaran barang ke pelabuhan untuk melakukan pengepakan. Tentunya kebutuhan setiap pelanggan akan dimudahkan dalam urusan kepabeanan dan kebijakan pemerintah.

  1. Menentukan Tujuan

Tentu saja Anda harus menentukan tujuan eksport secara tepat dan benar. Pastikan juga armada apa yang paling sesuai dengan produk tersebut sehingga proses pengiriman dapat berjalan aman dan lebih terjamin hingga ke tangan pembeli.

Penyedia jasa eksport ini tentu akan memberikan rekomendasi terbaik terutama  bagi eksportir pemula. Tentunya mereka masih saja awam mengenai hal ini sehingga memerlukan referensi untuk melakukan pengiriman ke luar negeri sesuai permintaan pembeli.

  1. Menentukan Mode Pengiriman

Anda bisa saja menggunakan layanan berupa penjemputan barang oleh penyedia jasa eksport. Biasanya hal ini diperlukan oleh eksportir dimana mereka tidak memiliki kendaraan yang sesuai untuk membawa produk tersebut ke tempat pengepakan.

Anda pun bisa juga mengirimkan barang yang akan dieskport asalkan memiliki jenis kendaraan yang sesuai ke tempat pengiriman baik via udara maupun laut. Biasanya layanan ini memang tidak memerlukan biaya tambahan meskipun harus mengantarkannya sendiri.

Itulah tadi beberapa cara memesan di jasa eksport yang perlu Anda ketahui sebelum mengirimnya ke luar negeri. Umumnya penyedia ekspedisi ini akan memberikan pelayanan dan rekomendasi sehingga pelanggan hanya perlu mengikuti langkah-langkah sesuai petunjuk mereka.

Tags: ,